Sunday, November 12, 2017

Bayern Munchen Jadi Raja Tiki-Taka, Real Madrid Peringkat 12


Bayern Munchen jadi ‘raja tiki-taka’ di Eropa dengan penguasaan bola paling besar sampai paruh musim 2014-2015. Die Roten yang ditukangi Pep Guardiola bahkan juga tambah baik dalam soal ball possession (70, 5 %) dibanding Barcelona. Disamping itu, Real Madrid hanya ada dalam posisi 12 pada daftar, walau memuncaki klassemen Liga Spanyol.

Cuma ada dua tim di Eropa yang rerata penguasaan bolanya diatas 70 %. Terkecuali Bayern yang berada di puncak, ada Barcelona dengan 70, 1 %. Dua tim ini disusul oleh raksasa Prancis, PSG dengan 65, %. Selanjutnya ada AS Roma (61, 8 %) serta Manchester City (59, 9 %). Cukup unik dari lima besar yang memiliki ball possession paling baik di Eropa, cuma satu yang hingga saat ini berstatus pemuncak klassemen (Bayern). Empat bekasnya hanya jadi runner-up.

Juventus sang pemimpin klassemen Liga Italia hanya ada di posisi enam dengan 59, 8 % penguasaan bola. Real Madrid, pemuncak La Liga jadi lebih jelek, mereka berada di posisi 12. Sesaat Chelsea yang unggul lima point di klassemen Liga Inggris, hanya ada di posisi 18 (56, 4 %).

No comments:

Post a Comment